kondisi tarian gandrung di masyarakat

Sabtu, 27 November 2010

Aspek sosial budaya pada bayi baru lahir


kebudayaan pada bayi baru lahir  ini menyebabkan banyaknya mitos mengenai bayi baru lahir. Mitos-mitos yang lahir dimasyarakat ini kebenarannya kadang tidak masuk akal dan bahkan dapat berbahaya bagi ibu dan bayi. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang merawat bayi baru lahir . Bayi baru lahir normal adalah bayi baru lahir dari kehamilan yang normal.


Bayi berat lahir rendah dipengaruhi dari beberapa faktor :
A) Faktor-faktor yang berkaitan dengan ibu seperti: umur ibu, umur kehamilan, paritos, berat badan dan tinggi badan, status gizi (nutrisi), anemia, kebiasaan minum alkohol dan merokok, penyakit-penyakit keadaan tertentu waktu hamil (misalnya anemia, pendarahan dan lain-lain), jarak kehamilan, kehamilan ganda, riwayat abortus.
B) Pelayanan kesehatan (antenatal cores).
C) Faktor janin meliputi kehamilan kembar dan kelainan bawaan.
D) Faktor lingkungan seperti pendidikan dan pengetahuan ibu, pekerjaan, dan status sosial ekonomi dan budaya.
Ada pun mitos dan fakta merawat bayi baru lahir hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara merawat bayi . salah satunya adalah
o Dibedong agar kaki tidak bengkok dikarena Hampir setiap bayi memiliki kaki yang tampak bengkok, begitulah fisiologis kaki bayi. Ini disebabkan karena ia masih terbiasa dengan posisi meringkuk ketika masih berada didalam rahim. beberapa ibu membedong bayi untuk melindungi dari dingin, baik karena faktor cuaca atau setelah mandi. 
o Hidung ditarik agar mancung.
Tidak hubungannya menarik hidung dengan mancung tidaknya hidung, semua tergantung dari bentuk tulang hidungnya.
o       Bayi yang mengalami kuning beberapa hari pasca kelahirannya harus dijemur diruangan terbuka. Penyakit kuning yang diderita bayi merupakan proses alamiah dari pemecahan sel darah ibunya. Proses ini memang dapat terbantu oleh sinar matahari.
o       ASI pertama yang berwarna kekuningan merupakan asi yang sudah basi dan tidak baik dikonsumsi bayi.asi pertama adalah kolostrum yang mengandung zat kekebalan tubuh dan kaya akan protein , asi sangat tergantung bahan nutrien yang terkandung di dalamnya. 
o       Ketika bayi demam harus dikompres air dingin.Setelah dikompres, tubuh yang awalnya panas mungkin akan terasa dingin begitu diraba. Akan tetapi ini bukan pertanda bahwa si kecil membaik. Sebaliknya suhu dingin dari kompresan tersebut akan mengirim sinyal yang salah kepada tubuh anak.
 
Cara Merawat Bayi Baru Lahir
     Ø  MATA Pada bayi baru lahir, karena di kandungan belum pernah menangis, maka sumber air mata belum berproduksi. Jadi, salurannya masih tertutup. 
 Ø  HIDUNG Bagian dalam hidung punya daya pembersih sendiri dan tak perlu perawatan khusus. Jika ada cairan atau kotoran yang keluar, bersihkan bagian luarnya.
Ø    TELINGA Sama seperti hidung, bagian dalam telinga juga tak boleh dibersihkan. Anda boleh membersihkan jika kotoran itu sudah mencapai "pintu" keluar atau setelah melewati .      Ø   MULUT Sebenarnya mulut bayi tak perlu perawatan khusus. Apalagi sampai menggunakan kasa steril yang dibasahi air matang untuk membersihkan endapan susu di permukaan lidah.

Dalam menghadapi suatu kebudayaan pada masa bayi baru lahir maka kita memerlukan suatu perencanaan dan pemantauan kesehatan salah satunya dengan penyuluhan agar kita dapat mengubah atau memperbaiki suatu keadaan dalam mitos yang dapat merugikan ibu,janin dan bayi. karena bila tidak dapat membahayakan pertumbuhan dan keadaan bayi bahkan dapat dikatakan bahwa mitos-mitos yang merugikan dan membahayakan bagi bayi dan ibu nya . Tenaga kesehatan khususnya bidan harus mampu menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungannya, beradaptasi dengan budaya-budaya dominan yang ada di daerahnya. Dan memberikan penyuluhan tentang kesehatan ibu dan bayi baru lahir. agar para ibu dan masyarakat di lingkungannya dapat mengerti benar .











































Tidak ada komentar:

Posting Komentar